Friday, July 8, 2016

Logo rumah makan masakan ayam nggak harus bergambar ayam Part.2

Lanjutan dari tulisan saya sebelumnya. Saya memberi contoh lainnya, franchise fried chicken lokal.. Popeye chicken ekspres. Franchise fried chicken yg mendapat dukungan kerjasama dengan PT. KIKY Solo Murni, perusahan kertas dan buku milik orang tua Rio Haryanto. Logo Popeye memakai karakter tokoh kartun amerika popeye the sailor man. Mengenai royalti penggunaan karakter saya tidak tahu menahu tetapi saya akan membahas efektivitas penggunaan logo tersebut.
1. Menggunakan karakter terkenal tentu saja membantu brand 'menumpang' dikenal oleh banyak orang
2. Logo dengan karakter manusia mudah dikenali. Sebagai bukti manusia adalah mahluk yang visual , kita tentu tahu istilah " kalau wajahnya aku ingat,tapi namanya aku lupa". Ya, manusia memilik kecenderungan ingatan visual terutama pada wajah. Ini salah satu alasan logo bergambar orang atau manusia evektif dipakai.
3. Logo rumah makan atau brand apapun yg memakai nama dan logo yg mewakili wajah owner dinilai mempunyai nilai jual tinggi dan citra positif. Sang owner dinilai mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan punya keberanian mempertanggung jawabkan kualitas produknya. Contoh: kosmetik Martha Tilaar, Kentucky Fried Chicken dan banyak lagi yang bisa kita temui di lapangan.
4. Karakter manusia itu unik apabila dituangkan dalam logo graphic tentu saja akan menjadi icon yang unik juga sehingga bisa dijadikan pembeda antara satu dengan yang lain.

Untuk referensi saya sertakan juga logo lain yang unik dan bagus. Rumah makan specialist ayam di daerah laweyan surakarta yg memakai image manusia sebagai logonya. Yu Cempluk.

Juga rumah makan non chicken tetapi menggunakan karikatur wajah sang owner sebagai logonya. Image logo Japanese Resto Sakai Udon Dan saya nilai itu bagus, unik, khas dan bercitarasa.

Dan sekarang saya membahas tentang penggunaan warna. Betul banyak sekal kedai franchise apalagu yg goreng memakai warna orange,merah dan kuning sebagai warna yang ditonjolkan. Warna warna tersebut memang menggugah selera makan, secara visual mencolok dan mewakili diskripsi masakan fast food yang digoreng tersebut. Kuning bisa menggambarkan warna kentang gorengnya. Orange bisa dipak menggabarkan warna keemasan masakan yang digoreng tersebut dan merah bisa mewakili saus dan sambal. Kadang ada juga yg menambahkan warna hijau untuk mewakili warna daun salad.

Tapi sering dengan banyaknya franchise fried fries dan fried chicken warna warna tersebut menjamur di jalanan dan mereka nampak serupa. Logo ayam, kombinasi warna merah orange kuning. benar benar menjadi susah dibedakan karena kekurang khasan tersebut. Demam resto gambar ayam merah kuning demikian saya menyebut.

Beruntung Kfc dengan logo kolonel sandersnya dan warna merah bata dan putih yang dipakai tampak sangat berbeda.Bersambung ke part.3

No comments:

Post a Comment

Puber kedua pada pria dan perselingkuhan

Denger deddy issue ini jadi paham bahwa pria di usia sekitar 40 tahun masuk puber kedua. Sedang wanita di usia 40 tahun insting dan kondisi ...